Misteri Lagu Pengantar Kematian

Gloomy Sunday

Sunday is gloomy
the hours are slumber less
dearest the shadows
I live with are numberless

Little white flowers
will never awaken you,
not where the dark coach
of sorrow has taken you

Angels have no thought
of ever returning you
would they be angry
if I thought of joining you?

Gloomy Sunday

Gloomy Sunday
with shadows I spend it all
my heart and I
have decided to end it all

Soon there'll be prayers
and candles are lit, I know
let them not weep
let them know, that I'm glad to go

Death is a dream
for in death I'm caressing you
with the last breath of my soul
I'll be blessing you

Gloomy Sunday

Dreaming, I was only dreaming
I wake and I find you asleep
on deep in my heart, dear

Darling, I hope

that my dream hasn't haunted you
my heart is telling you
how much I wanted you

Gloomy Sunday

It's absolutely gloomy sunday 

Lyric diatas adalah lagu pengantar kematian.... Hah kematian??!! yup, menurut cerita yang beredar sih begitu (katanya lho), korban pertama dari lagu itu adalah sang pacar dari si penulis lagu itu sendiri. Ia bunuh diri dengan cara meloncat dari jembatan sungai Donau dan meninggalkan secarik kertas hanya bertuliskan 2 kata yaitu "Szomorù Vasàrnap" yang dalam bahasa inggris adalah "gloomy sunday" yang berarti hari minggu yang kelam.


Rezsö Seress


Lagu ini sendiri diciptakan oleh Rezsö Seress seorang musisi dan pianist dari Honggaria yang dipublikasikan pada tahun 1933, lagu ini pertama kali di rekam dalam bentuk bahasa inggris oleh Hal kemp pada tahun 1936.  Rezsö Seress pun dipercaya mencoba bunuh diri dengan loncat dari jendela apartemennya di Budapest pada Januari tahun 1968 tepat beberapa hari setelah perayaan ultahnya yang ke 69 tahun dan usia lagu tersebut 35 tahun, TETAPI dia selamat tuh ternyata dan malah meninggal dirumah sakit dengan cara mencekik dirinya sendiri dengan kawat. 
Setelah itu banyak juga korban bunuh diri akibat lagu tersebut dan yang anehnya lagi kebanyakan korban melakukannya tepat pada hari minggu (mungkin biar sesuai dengan nama lagunya kali- red). Misalnya Seorang pegawai negeri Honggaria bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri lalu mayatnya ditemukan dalam posisi menelungkup di atas copy lirik lagu Gloomy Sunday, selanjutnya ada rumor bahwa seorang gadis berupaya meracuni dirinya dan ketika kepergok ternyata lagu Gloomy Sunday masih mengalun di alat musik dalam ruangan itu, lalu ada sebuah kisah lagi yang terjadi di sebuah restoran di Budapest seorang pemuda menembak dirinya ketika band musik di restoran itu baru saja memainkan lagu Gloomy Sunday?? what!

Sejak kejadian itu banyak pihak yg melarang bahkan Televisi BBC pun melarang keras lagu ini beredar dan hanya memperbolehkan versi instrumentalnya, padahal lagu ini sendiri telah menjadi hit yang sangat terkenal dibeberapa negara pada waktu itu (sekitar tahun 30an) dan banyak label dibeberapa negara menuliskan lagu tersebut sebagai "Hungarian Suicide Song" atau bahasa kita kurang lebih "sebagai lagu bunuh diri dari hunggaria". Lagu ini sampai di terjemahkan dikurang lebih 7 versi lirik dalam beberapa bahasa oleh sekurang-sekurangnya 56 orang penyanyi.


Billie Holiday's


Dan yang paling terkenal adalah versi dari Billie Holiday's pada tahun 1941, yang katanya juga mati bunuh diri setelah merekam lagu tersebut. 




Dan konon katanya lagu ini jika dimainkan tanpa lirik ataupun alat instrumental maka pendengaran kita akan tertidur berat serta akan mengalami mimpi buruk seperti nyata setelah mendengarkan lagu ini?? hiiiiiiiiii.... yang beneeerrr???!

Percaya???! kalo saya (Richard Rain - red) TIDAK, kenapa? karena pada zaman itu kelaparan dan kemiskinan begitu menghantui dunia sehingga dasar pikiran bunuh diri pada waktu itu sangat kuat sekali, lagi pula tidak ada studi atau penelitian ilmiah yang mengatakan kalau dengan lagu kita bisa bunuh diri, kecuali ditambah Faktor Lain. Lagi pula gloomy sunday ini lebih cocok sebagai alternative lagu nina bobo kok, coba dengerin deh .... huffft , dasar halusinasi halusinasi ... 


_________



Baca juga:



_________


Sumber: Richard Rain dan dari berbagai sumber


Komentar

Postingan Populer