3 kemungkinan munculnya air mata kristal



Seolah menjadi selebritis dadakan, Tina Agustina Gadis asal Sumedang terus gencar diberitakan diberbagai media massa. Gadis yang tinggal di Kampung/Desa Cisalak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Sumedang, Jabar ini, terus diberitakan terkait dengan air matanya yang berbentuk kristal. Banyak yang penasaran dan mengira berita air mata kristal ini hanyalah berita Hoax semata, pasalnya kejadian seperti ini memang sangat tak mungkin terjadi. Keluarnya air mata berbentuk kristal telah dialami Gadis usia 19 tahun ini, sejak september 2011. Menurut Tina, malam sebelum air matanya berubah bentuk, Ia sempat bermimpi diberi sebuah kelapa untuk dibuka oleh seorang nenek. Awalnya kristal yang keluar berwarna hitam, namun sejak 23 Mei 2012 kristal berubah menjadi bening. Menurut gadis lulusan SMP tahun 2007 itu, batu kristal keluar dari bagian bawah kelopak mata kanan dan kirinya


 

Ukuran batu yang keluar dari matanya hampir sama dengan butiran kacang hijau. Biasanya batu-batu kristal akan keluar disaat-saat tertentu seperti saat Ia kesal, marah, sedih bahkan diwaktu senang. Merasa aneh dengan apa yang dialami Tina, pada Kamis, 31 Mei 2012 kemarin, pihak keluarga membawanya Rumah Sakit Mata Cicendo, Bandung untuk diperiksa. Sayangnya, dr.Hikmat Wangsaatmadja, dokter spesialis mata di rumah sakit itu belum dapat memastikan penyebab apa yang tengah dialami Tina. Meski begitu dr.Hikmat menyatakan bahwa keadaan mata Tina saat ini dalam keadaan sehat dan normal. Kemungkinan Penyebab Tina Agustina Mengeluarkan Air Mata Berbentuk Kristal Kabar tentang adanya air mata kristal, bukanlah hal yang pertama terjadi. 

Pada 1996 hal yang sama pernah dialami oleh seorang gadis asal Libanon, namun belakangan diketahui berita tersebut hanyalah rekayasa. Adanya air mata berbentuk kristal juga sempat dilaporan oleh Judie Smith, wanita asal Boston, Inggris. Setelah diperiksa Tim medis Judie dinyatakan menderita cyctinosis atau penumpukan asam amino cysteine dari berbagai organ tubuhnya.

Lalu apa yang terjadi pada mata Tina? Kemungkinan Penyebab Tina Agustina Mengeluarkan Air Mata Berbentuk Kristal Penyebab keluarnya batu kristal dari mata Tina memang belum diketahui penyebabnya, Namun dr. Hikmat Wangsaatmadja menjelaskan bahwa ada tiga hal yang memungkinkan terjadinya air mata dalam bentuk kristal




Kemungkinan yang pertama adalah kasus cystinosis, yakni penyakit yang disebabkan adanya kelainan metabolisme seta penyakit Genetik. Peyakit yang pernah dialami Judie Smith ini, memiliki gejala berupa penumpukan kristal di kornea dan conjunctiva. Biasanya ukuran kristal sangat kecil, sehingga terasa seperti pasir.  

Kemungkinan yang kedua adalah kasus dacryolith, Penyakit ini terjadi diakibatkan adanya batu pada saluran pengeluaran air mata yang dapat menimbulkan benjolan di kulit wajah di bawah kelopak mata. Biasanya batu kristal yang keluar akan berwarna kekuningan dan tidak beraturan bentuk dan ukurannya.  

Kemungkinan yang ketiga adalah kasus conjunctival lithiasis, di kasus ini, Hikmat menyatakan bahwa adanya kristal putih yang tertanam pada selaput lendir mata si penderita. Umumnya penyakit ini terjadi pada penyakit radang mata yang telah lama dan kronis. Biasanya batu-batu yang keluar bewarna kusam kekuningan dan ukuran yang paling besar sekitar tiga milimeter.

Untuk kasus Tina, memang belum dapat dipastikan, namun pihak rumah sakit akan tetap menunggu hasil tes air mata dan urine serta pemeriksaan contoh batu kristal oleh petugas laboratorium Geologi. Dari situ, baru kemungkinan dokter dapat mengetahui penyebabnya.

Apakah ada trik sulap yang bisa mengeluarkan Kristal putih seperti Tina?? Yah ada dan bisa dong :))


- Dari berbagai sumber-

Komentar

Postingan Populer