SHIO

SHIO

Shio adalah simbol binatang dari negeri cina yang mewakili 12 siklus tahunan. Mereka mewakili konsep siklus waktu.

Kalendar Bulan Cina dibuat berdasarkan siklus dari bulan, dan dibangun dalam format berbeda dari kalendar Barat yang berbasis Matahari, dan di Barat setiap tahun ditandai berdasarkan kelahiran Yesus, sebagai contoh, 2011 berarti 2.011 tahun setelah kelahiran Yesus.
Dalam kalendar Cina, awal tahun dimulai antara akhir Januari dan awal Februari.
Tetapi walau demikian, Cina mengadopsi kalender barat sejak tahun 1911, Kalendar lunar (berbasiskan bulan) masih digunakan untuk acara-acara festival seperti Chinese New Year atau yang lebih dikenal dengan nama Imlek.

Dalam adat Cina tradisional, metode penanggalan adalah berdasarkan siklus, siklus berarti sesuatu terjadi berdasarkan waktu.

Metode siklus ini adalah perekaman tahun ke dalam Dua Belas Tanda Binatang. Setiap tahun di tandai dengan nama binatang atau "shio" sesuai dengan siklus yang berputar, mereka secara berurut adalah :


(KLIK tulisan dibawah untuk keterangan SHIO)

Tikus, Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, Babi.

Yang berputar setiap dua belas tahun

Jadi kalau anda mau mengetahui umur seseorang, tanyalah Shio nya dan ini akan menaruh orang tersebut dalam siklus 12 tahun, dan dengan sedikit akal sehat dan hitung2an, kita bisa menghitung umur orang tersebut.

Permulaan Shio

Menurut legenda tradisional Cina, seluruh binatang dikumpulkan dalam satu hari untuk menentukan siapa yang menjadi pemimpin dalam siklus pertahunan. “Sang Khalik” membuat kontes tersebut siapapun yang dapat menyeberang sungai dan sampai ke sebrangnya akan mendapat giliran pertama, dan sisanya akan mengikuti urutan sesuai dengan kedatangan mereka.

Pada awalnya kucing memberitahu berita ini kepada teman baiknya si tikus, dan mereka setuju untuk pergi berdua keesokan harinya. Namun, ketika hari dimana kontes dimulai tikus yang licik tidak membangunkan sikucing yang senang tidur sepanjang hari. Karena itulah menurut legenda itu kucing tidak mengikuti lomba dan tidak masuk dalam siklus tahunan.

Dan pada saat kompetisi, tikus yang penuh akal menumpang pada si kerbau untuk menyeberangi sungai. Ketika kerbau sudah mau meloncat ke tepian seberang sungai, tanpa sepengetahuan kerbau, si tikus meloncat dari punggung kerbau, dan menjadikan dia pemenang kontes. Binatang terakhir adalah binatang malas yaitu babi, oleh karena itu tikus menjadi tahun pertama dari siklus shio, dan diakhiri oleh babi tanpa adanya shio kucing dalam dua belas siklus tahun itu.

Dan menurut legenda, katanya permusuhan antara kucing dengan tikus dimulai dan berlanjut sampai sekarang.

(red: tapi tidak terjadi dirumah saya)


_________


Baca juga:


_________



Sumber:

- Richard Rain
Copy dari www.richard-rain.com dan dari berbagai sumber

Komentar

Postingan Populer